DELAPAN RAHASIA KULIT

“Bu, aku tak suka kulitju terlalu putih! Seperti anak perempuan!” kata bryan.

“Aku sering diejek item… item… item…! Aku kesal, Ma!” keluah Alpha.

Duuuh, kenapa jadi susah seperti itu? Santai aja, lagi! Atau, mungkin karena kedua teman kita ini belum tahu tentang rahasia kulit, ya!

  1. Pelindung besar

Kulit menutupi dan melindungi organ (bagian tubuh) kita yang lain seperti otot, tulang dan pembuluh darah.

  1. Punya dua lapis

Kulit kita ini terbagi menjadi 2 bagian. Yang pertama namanya lapisan epidermis. Lapisan dermis adalah bagian kulit yang paling luar, paling tipis, dan bisa kita sentuh.

  1. Melanin yang baik

Warna kulit manusia berbeda-beda. Itu karena di kulit ada melanin, zat warna (pigmen) hitam. Melanin melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang kebanyakan bisa menyebabkan kanker kulit.

  1. Makin item karena matahari

Sinar matahari juga bisa mengubah warna kulit. Sinarnya membuat jumlah pigmen melanin bertambah.

  1. Pigmen kumpul-kumpul

Kadang-kadang pigmen senang kumpul-kumpul. Mereke bergerombol di tempat kecil, hingga membentuk bercak. Ini ada yang sudah muncul sejak kita lahir, sampai-sampai disebut tanda lahir.

  1. Warna turunan

Meskipun warna kulit tergantung pada jumlah melanin, tapi kita tidak bisa pilih-pilih warna kulit semaunya. Soalnya, warna kulit kita tergantung pada warna kulit orang tua kita. Mereka pun mendapatkannya dari kakek dan nenek kita. Ya, warna kulit memang diturunkan.

  1. Setiap hari copot

Lapisan epidermis terdiri dari sel-sel kulit mati yang tidak peka. Sehingga bisa melindungi kita dari rasa sakit. Miliaran sel-sel kulit mati ini akan copot setiap hari dari tubuh kita.

  1. Si serba putih

Ada orang yang sama sekali tidak berpigmen. Itu karena sel pembuat melaninnya tidak bekerja menghasilkan pigmen hitam. Akibatnya ia jadi sangat putih, ya kulitnya, ya rambutnya. Bahkan seluruh bagian dalam tubuhnya. Orang seperti ini disebut albino atau orang bule. Orang bule seperti ini sangat tidak tahan kalau terkena sinar matahari.

 

Nah, itu tadi delapan rahasia kulit yang harus kita tahu. Ngomong-ngomong, apa warna kulit teman-teman? Hitam, kuning, cokelat, sawo matang, atau putih pucat? Wah, yang mana saja tak jadi soal, ya! Yang pasti, kita menyukainya, kan!

Sumber : majalah Bobo edisi ”Tubuh Kita”, tahun 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: