PHOBIA BUKAN TAKUT BIASA

Namanya manusia, wajar kali punya rasa takut. Mulai dari hal yang memang menyeramkan sampai yang cemen, kayak sama cacing atau balon. Aneh? Jangan salah banyak tuh yang punya rasa takut berlebihan sama benda-benda yang nggak semestinya di takuti. Yups, itu yang namanya phobia.

Kata phobia aslinya dari bahasa Yunani yang berarti takut. Istilah ini mulai kedengeran di abad 18-an, saat ditemukan banyak kasus orang yang ternyata menyimpan rasa ngeri sama beberapa hal nggak penting.

Biasanya penderita phobia pernah ngalamin kejadian nggak enak sam ahal yang dia takuti. Bisa jadi juga karena dia memang nggak suka dan males ketemu sama hal itu… Yang pasti, kadar ketakutan penderita phobia jauh lebih tinggi dari orang biasa.

Tahu nggak siih? Ternyata setelah diteliti, ada banyaaaak banget phobia di dunia ini. Some of them will make you laugh…

  • PHOBIA BINATANG

Ailurophobia: takut kucing

Apiphobia: takut lebah

Arachnophobia: takut laba-laba

Chiroptophobia: takut kelelawar

Cynophobia: takut anjing

Entomophobia: takut serangga

Equinophobia: takut kuda

Herpetophobia: takut reptile

Ichthyophobia: takut ikan

Musophobia: takut tikus

Ophidiophobia: takut ular

Ornithophobia: takut burung

Scoleciphobia: takut cacing

Selachophobia: takut ikan hiu

  • PHOBIA BENDA

Aichmophobia: takut sama benda tajam, termasuk sama acungan telunjuk!

Algophobia: takut sama rasa sakit

Agyrophobia: takut nyebrang jalan

Androphobia: takut sama cowok… huh???

Anglophobia: takut atau sebel sama orang Inggris… (say goodbye to Prince William, dong…)

Anthophobia: takut sama bunga

Aquaphobia, Hydrophobia: takut air

Astraphobia: takut petir

Bacillophobia, Bacteriophobia, Microbiophobia: takut mikroba

Catoptrophobia: takut cermin atau bayangan di kaca!

Chorophobia: takut sama gerakan dansa

Coulrophobia: takut badut!

Dental phobia: takut sama segala sesuatu yangberhubungan dengan gigi

Erotophobia: takut sama segala hal yang berbau seksual

Lossophobia: takut berbicara de depan umum

Haptephobia: takut bersntuhan sama orang lain

Heliophobia: takut sinar matahari

Hemophobia, Haemophobia: takut darah

Megalophobia: takut benda-benda besar

Phasmophobia: takut hantu atau ecoplasma lain… *inget ghosbuster*

Pyrophobia: takut api

Taphophobia: takut sama pemakaman, atau ditaruh di kuburan pas masih hidup… *siapa juga yang mau?*

Tokophobia: takut pada proses melahirkan

Tomophobia: takut sama operasi (bedah gitu)

Trypanophobia, Belonephobia, Enetophobia: takut disuntik

Xenophobia: takut orang asing, benda asing bahkan alien

  • PHOBIA KEADAAN

Ablutophobia: takut mandi atau bersih-bersih

Acrophobia, Altophobia: takut ketinggian

Agoraphobia: takut berada di tempat umum

Agraphobia: takut dilecehkan secara seksual

Claustrophobia: takut berada di tempat tertutup atau sempit

Aviophobia, Aviatophobia: takut terbang atau naik pesawat terbang

Decidophobia: takut disuruh mengambil keputusan

Gelotophobia: takut jadi bahan ketawaan

Gerascophobia: takut jadi tus

Ergophobia: takut bekerja atau berkegiatan *terus ngapain ya? Tidur juga kegiatan bukan?*

Necrophobia: takut sama kematian

Nosophobia: takut ketularan penyakit

Nyctophobia, Achluophobia, Lygophobia, Scotophobia: takut kegelapan

  • JANGAN KETAWA, INI SERIUS..!!

Emetophobia: takut sama muntah

Gephyrophobia: takut jembatan

Gymnophobia: takut ngelihat orang telanjang

Gynophobia: takut sama cewek

Hexakosioihexekontahexaphobia: takut sama angka 666, yang identik sama angka setan

Hodophobia: takut bepergian dan nyetir

Ligyrophobia: takut suara keras

Lipophobia: takut lemak dalam makanan

Mysophobia: takut kena kotor

Nomophobia: takut kalau sampai terpisah sama HP!

Osmophobia, Olfactophobia: takut wangi-wangian

Paraskavedekatriaphobia, Friggatriskaidekaphobia: takut sama tanggal 13

Phagophobia: takut dikunyah dan mengunyah… *mungkin mengira dirinya permen karet?*

Phobophobia: takut kalau sampai punya phobia… *duh*

Panphobia: takut segala hal, bahkan dia sendiri nggak tahu apa yang bikin dia takut!

Scopophobia: takut dilihatin orang

Somniphobia: takut tidur

Telephonephobia: takut untuk menelepon atau ngomong di telepon

Tetraphobia: takut sama nomor 4

Workplace phobia: takut sama kantor, he hehe…

  • PENTING!!!

Orang yang menderita phobia tuh bisa sampai sesak nafas kalu ngelihat benda atau ngalamin sesuatu yang ia takuti. Jadi, mendingan nggak usah bercanda sama phobia orang deh, jangan sampai kamu bales, loh…

Sumber: majalah Aneka Yess!, November 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: