RISET SUHU DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Suhu adalah ukuran derajat panas atau dingin suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali kejadian yang berhubungan dengan suhu. Contohnya, suhu di luar ruangan pada siang hari terasa sangat panas, sedangkan suhu di dalam ruangan yang memiliki pendingin (AC) akan terasa dingin. Kedua tempat di atas memiliki perbedaan suhu yang berbeda. Di luar ruangan yamg panas memiliki suhu yang tinggi dan di dalam ruangan ber-AC bersuhu lebih rendah.

Pada kehidupan sehari-hari, suhu sering disangkut-pautkan dengan ‘panas’ dan ‘dingin’ cuaca. Padahal, tidak Cuma itu saja. Suhu bisa juga berhubungan dengan suhu politik yang memanas ketika sedang rapat, suhu persaingan parpol menjelang pemilu, suhu perasaan seorang petugas check in di bandara, dan suhu perasaan sseeorang yang sedang dibicarakan.

Di saat sedang rapat merumuskan suatu hal, tiba-tiba suhu ruangan terasa panas. Padahal, ruangan rapat tersebut ber-AC. Mungkin itu karena dari berbagai tempat duduk mulai ramai terdengar suara-suara yang berisik dan berkomentar mengenai jalannya rapat tersebut. Atau mungkin karena kuping kita panas mendengar ada beberapa orang yang sedang menggosipkan hal-hal yang jelas. Hawa udara semakin panas, karena hasil rapat tersebut belum juga mencapai titik kesimpulan.

Persaingan parpol menjelang pemilu pun kadang membuat suhu sekitar menjadi panas. Karena dari berbagai parpol mulai mengajukan berbagai macam janji-janji yang membuat orang-orang terbuai untuk memilih dari salah satu parpol yang memberikan “hadiah” yang paling besar. Suhu menjadi panas ketika salah satu parpol kalah dan tidak dapat menerima kekalahan. Seketika itu juga, bagi mereka yang tidak dapat menerima kekalahan pasti akan langsung maju sambil mengepalkan tangan dengan erat. Dan akhirnya memberikan “hadiah” sebuah bogem mentah kepada parpol yang menang atau orang yang mereka rasa telah tidak menolongnya. Setelah itu, yang lain pun ikut maju dan melakukan hal yang sama. Suhu ruangan pun tiba-tiba berubah menjadi sangat panas.

Di bandara yang sudah tentu ber-ac pun akan terasa panas, kalau kita tidak sabar menunggu antrian. Karena semua penumpang ingin segera dilayani. Mereka semua berlomba untuk lapor kepada petugas. Penumpang harus sabar untuk mengantre. Petugas check-in pasti akan melayani semua penumpang. Tetapi, menurut Mbak saya, selalu ada penumpang yang tidak sabaran dan membuat para petugas gerah. Suhu di bandara yang dingin pun terasa sangat panas. Mungkin karena para penumpang yang berdesakan. Apalagi kalau habis dimarahi oleh penumpang yang membuat hati para petugas check-in naik turun ingin marah juga.

Setelah pesawat berangkat barulah mereka bisa merasakan dinginnya AC di bandara. Suasana hati yang semula panas bisa dingin kembali dengan perlahan. Tetapi itu tidak berlangsung lama karena penumpang dari pesawat lainnya akan segera datang dan membuat kenaikkan suhu di bandara kembali.

Riset tentang suhu di sekitar petugas check-in di bandara kalau dapat diukur dengan thermometer mungkin akan terlihat dengan jelas. Ketika penumpang sedang mengantre dengan tidak sabar, derajat thermometer akan naik. Dan ketika penumpang sudah berangkat, derajat suhu thermometer turun dengan seketika.

Banyak orang yang mengeluhkan suhu udara akhir-akhir ini kok semakin panas? Bahkan kota sejuk di sekitar Jakarta seperti: Bogor, cianjur (puncak) dan bandung, suhu udara di siang hari terasa lebih menyengat dibanding beberapa tahun yang lalu.

Di kota Jakarta dan semarang, sudah beberapa kali terkena banjir karena air laut yang meluap masuk ke daratan pantai yang disebut Rob. Pada musim panas tahun 2007 d arktika dan Greenland, permukaan es mencair mencapai sekitar 19 juta ton, fenomena lainnya pada tanggal 8 maret 2008 beting es wilkins di antartika yang sudah berusia 1500 tahun, runtuh dan pecah seluas 414 kilometer persegi. Tentunya kita berharap peristiwa ini tidak berlanjut, karena jika es di kutub bumi semakin banyak yang mencair otomatis permukaan air laut bertambah bisa mencapai hingga 6m, dan akibatnya banyak pulau-pulau kecil dan kota-kota dekat pantai di dunia bisa terha[us dan hilang dari peta dunia, karena tenggelam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: